banner 970x250

1000 Batang Ganja Siap Panen Berhasil Diamankan Petugas BNNP Sumsel

  • Bagikan

PALEMBANG, korananda.com. – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil menemukan ribuan pohon ganja di Desa Batu Pance Lereng Perbukitan, Kabupaten Empat Lawang. Pohon ganja siap panen yang diamankan petugas berusia sekitar enam bulan dengan tinggi ukuran satu meter.

Kabid pemberantasan BNNP Sumsel Kombes Agus Sudarno didampingi Direktur Reserse Narkoba Polda Sumsel, Heri Istu mengatakan, penemuan ladang ganja ini berawal dari informasi masyarakat.

“Setelah kita mendapat informasi dari masyarakat sekitar wilayah tersebut, kita kembangkan lagi hingga tim kita berhasil menangkap EF (24) sebagai kurir ganja. Dua Daftar Pencarian Orang (DPO) yang salah satunya adalah pemilik kebun berhasil kabur saat penangkapan,” ungkapnya.

Saat EF (24) dan kedua temannya berboncengan sepeda motor, petugas BNNK Kabupaten Empat Lawang berhasil menghentikan dan menggeledah EF dan didapati daun ganja kering sekitar 500 gram di bungkus plastik, pada (31/01/22) sekitar pukul 13.30 Wib.

Saat diinterogasi petugas, EF mengaku dirinya memperoleh ganja tersebut dari Seseorang yang diakuinya sebagai pemilik kebun ganja. Setelah dikembangkan lagi, petugas menemukan ladang ganja yang ditanam dilahan seluas 1 hektar dimana tanaman ganja tersebut dicampur dengan tanaman lain seperti kopi dan lain- lain untuk mengelabuhi petugas.

“Berkisar seribu pohon ganja diperkirakan dengan berat 65 kg. Dua tersangka yang menjadi DPO sampai saat ini masih kita kejar. Tersangka dijerat dengan pasal 112 UU No. 35 tahun 2009 dengan ancaman pidana penjara diatas 10 tahun.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumsel, Heri Istu sangat mengapresiasi kinerja BNNP Sumsel dalam memberantas penyalahgunaan narkotika.

“Selain dari petugas polisi atau BNN, kita juga mengharapkan peran serta masyarakat dalam memberikan informasi terkait penyalahgunaan narkotika. Kita sangat terbantu sekali,” ucapnya. (Andre)

  • Bagikan