banner 970x250

Jelang Final Piala AFF 2020 : Berikut Rekor Pertemuan Timnas Indonesia VS Thailand

  • Bagikan

Jakarta, korananda.com.- Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong akan menghadapi Thailand pada final Piala AFF 2020. Anda bisa melihat rekor pertemuan timnas Indonesia vs Thailand dalam artikel ini.

Kepastian itu tidak lepas dari keberhasilan Thailand menyingkirkan juara bertahan Vietnam pada semifinal Piala AFF 2020 dengan total agregat dua gol tanpa balas.

Dikutip dari situs 11v11, timnas Indonesia dan Thailand tercatat sudah 78 kali bertemu di semua kompetisi termasuk Piala AFF.

Hasilnya, timnas Indonesia mampu meraih 25 kemenangan, 14 kali imbang, dan sudah menelan 39 kekalahan dari Thailand. Jika dikerucutkan, timnas Indonesia dan Thailand sudah pernah 12 kali bertemu dalam sejarah Piala AFF atau Piala Tiger.

Rekor timnas Indonesia ketika bertemu Thailand di Piala AFF tak terlalu mumpuni karena hanya mampu meraih tiga kemenangan.

Salah satu kemenangan timnas Indonesia atas Thailand di Piala AFF bahkan didapat dari adu penalti. Momen itu terjadi pada perebutan tempat ketiga Piala AFF 1998. 

Timnas Indonesia dan Thailand kala itu harus melewati adu penalti setelah skor 3-3 bertahan hingga akhir waktu normal. Pada babak adu penalti, seluruh algojo timnas Indonesia mulai dari Bima Sakti hingga Uston Nawawi berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Hal itu membuat timnas Indonesia yang kala itu dilatih oleh Rusdy Bahalwan berhasil menyegel tempat ketiga Piala AFF 1998 berkat kemenangan 5-4 lewat adu penalti. Namun, penampilan Garuda dan Thailandi di Piala AFF 1998 akan selamanya tercoreng oleh permainan “sepak bola gajah” saat keduanya bertemu di fase grup.

Adapun dua kemenangan timnas Indonesia atas Thailand lainnya terjadi pada fase grup Piala AFF 2010 dan final leg pertama Piala AFF 2016. Pada fase grup Piala AFF 2010, timnas Indonesia mengalahkan Thailand 2-1 berkat sepasang gol penalti Bambang Pamungkas. Adapun pada final leg pertama Piala AFF 2016, timnas Indonesia juga mengalahkan Thailand dengan skor tipis 2-1. Dua gol kemenangan timnas Indonesia saat itu dicetak oleh Rizky Pora dan Hansamu Yama.

Namun, kemenangan pada final leg pertama tetap tidak bisa mengantar timnas Indonesia ke podium juara Piala AFF 2016. Sebab, timnas Indonesia kalah 0-2 pada final leg kedua Piala AFF 2016 yan dihelat di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand.

Secara keseluruhan, timnas Indonesia sudah tiga kali gagal menjadi juara Piala AFF atau Piala Tiger karena kalah dari Thailand di partai final. Dua kegagalan timnas Indonesia lainnya terjadi pada final Piala AFF 2000 dan Final Piala AFF 2002.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *